Wakil Bupati Melawi Pimpin Rapat Persiapan Pembinaan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Pada Desa Lokus Stunting Tahun 2022.

  • Senin, 08 Agustus 2022 - 17:43:19 WIB
  • Administrator
Wakil Bupati Melawi Pimpin Rapat Persiapan Pembinaan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Pada Desa Lokus Stunting Tahun 2022.

MELAWI – Wakil Bupati Melawi, Drs. Kluisen memberikan pengarahan pada Rapat Persiapan Pembinaan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Melawi ke Desa Lokus Stunting Tahun 2022 yang digelar di Convention Hall Kantor Bupati Melawi, Senin (8/8/2022).

Dalam sambutannya Wakil Bupati Melawi Drs. Kluisen, menekankan pada pentingnya penurunan angka stunting di Kabupaten Melawi mengingat stunting selain menghambat pertumbuhan fisik juga akan mempengaruhi perkembangunan kognitif yang akan berpengaruh pada tingkat kecerdasan dan produktifitas anak dimasa depan, ungkapnya.

“Kunci pencegahan dan penanganan kasus stunting adalah di 1000 hari pertama kelahiran (HPK), stunting tidak hanya mengenai pertumbuhan anak yang terhambat, namun juga berkaitan dengan perkembangan otak yang kurang maksimal. Hal ini menyebabkan kemampuan mental dan belajar yang di bawah rata-rata dan berakibat pada prestasi sekolah yang buruk”, papar Kluisen.

Dalam upaya penanganan stunting di Kabupaten Melawi, Drs. Kluisen meminta agar melakukan intervensi tidak hanya dilakukan oleh sektor kesehatan saja, tetapi juga dilaksanakan oleh sektor yang lain, karena tingkat keberhasilan program ini sangat dipengaruhi sektor non Kesehatan, paparnya.

Kluisen menyampampaikan ada 15 Desa Lokus Stunting di tahun 2022 ini, hasil yang ingin dicapai antara lain untuk memastikan penurunan stunting diantaranya melalui pembangunan sanitasi air bersih, penyediaan pangan yang aman serta bergizi, pemahaman sacara baik serta kepedulian masing-masing individu dan masyarakat untuk mengoptimalkan peran dalam upaya penanggulangan stunting, tutupnya. (Dani /Kominfo IKP)

  • Senin, 08 Agustus 2022 - 17:43:19 WIB
  • Administrator

Berita Terkait Lainnya