Pertahankan Kategori Sakip dengan Nilai AA Empat Kali Berturut-turut, Inilah Yang Dilakukan Oleh Pemprov DIY

  • Jumat, 10 Juni 2022 - 09:30:56 WIB
  • Administrator
Pertahankan Kategori Sakip dengan Nilai AA Empat Kali Berturut-turut, Inilah Yang Dilakukan Oleh Pemprov DIY

Strategic sukses Pemrov DIY dalam mengelola pemerintahannya tidak diragukan lagi. Berbagai prestasi telah meraka gapai dengan sangat baik dan tetap terus mereka pertahankan. Sebagai contoh nyata dalam best practice misalnya adalah terkait penilaian SAKIP. Pemprov DIY telah mendapatkan penghargaan dari Kemenpan-RB empat tahun berturut-turut, sebagai yang terbaik di Repulik ini.

Hal tersebut tentu bukanlah sebuah prestasi yang didapat secara gratis. Berdasarkan hasil STULA di Pemrov DIY yang dilaksanakan oleh PKA Angkatan II dan III Tahun 2022 bertempat di Kepatihan Kantor Gubernur, (Rabu  8/06/2022), para narasumber dari berbagai OPD, yakni Bappeda, Biro orgsnisasi (yang menjadi lokus kegiatan Stula) terkuaklah tabir rahasia 'Srategi sukses Sakip DIY', yakni antara lain adalah sebagai berikut:

Peningkatan SDM aparatur terkhusus yang berkaitan dengan Sakip. Disampaikan oleh narasumber dari Biro organisasi Setda DIY, Inspektorat dan Bappeda, bahwa Biro organisasi melakukan pendampingan ke OPD-OPD dalam penyusunan Sakip tersebut.

Tujuannya adalah untuk memastikan agar Sakip OPD tersebut yang berupa target kinerja OPD sesuai dengan VISI DAN MISI Gubernur. Selain itu, didalam berbagai kesempatan pelatihan ASN, diberikan pelatihan-pelatihan terkait dengan Sakip.

Demikian juga dengan BKPSDM, terus melakukan pembinan kepada ASN dengan melakukan penilaian berdasarkan kinerja melalui aplikasi E-Kenerja. Selain itu, BKPSDM juga melakukan job fith sebagai bahan pertimbangan apakah seorang ASN tersebut layak untuk di mutasikan.

Tidak hanya cukup sampai disitu, Inspektorat juga melakukan Monev untuk memastikan kinerja OPD-OPD berkaitan dengan kinerja organisasi. Inspektorat meminta OPD-OPD untuk menjelaskan alasan/argumentasi terkait permasalahan dan hambatan untuk selanjutnya di bahas bersama Gubernur serta stekholders terkait yang melibatkan para ahli terkait setiap Triwulan.

Pelaksanaan rapat rutin tersebut merupakan komitmen pimpinan dalam mewujudkan tujuan organisasi yang hendak dicapai sebagaimana tercantum dalam visi-misi Gubernur. Inspektorat juga mengeluarkan raport kinerja organisasi seluruh OPD dan para Bupati. Diharapkan dari hal tersebut, ada 'Budaya malu' bagi OPD yang mendapatkan kinerja rendah.

Hal penting lainya, sebagai pemerintah, wajib hukumnya menyampaikan pertanggungjawaban terkait kinerja pemerintah. Untuk hal tersebut, Pemprov DIY, menyampaikan akuntabilitas kinerja organisasinya melalui aplikasi 'Sengguh' dimana semua kalangan masyarakat dapat mengakesnya. Masyarakat dapat melihat hasil kinerja pemerintah seperti anggaran, target kinerja OPD-OPD dan akuntabilitas kinerja pemerintah lainnya. Hal tersebut merupakan bagian dalam melaksanakan amanah Undang- Undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

Harapannya, masyarakat bisa turut serta memberikan masukkan kepada pemerintah untuk kemajuan DIY. (Felix/Kominfo)

  • Jumat, 10 Juni 2022 - 09:30:56 WIB
  • Administrator

Berita Terkait Lainnya

Tidak ada artikel terkait