Bupati Melawi Kembali Dapat Penghargaan, Kali ini dari Mendagri

  • Selasa, 28 Juli 2020 - 07:24:48 WIB
  • Administrator
Bupati Melawi Kembali Dapat Penghargaan, Kali ini dari Mendagri

Kabupaten Melawi mendapatkan apresiasi dari Kementerian Dalam Negeri karena menjadi salah satu Kabupaten di Kalimantan Barat yang pertama melunasi kewajiban pencairan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk Pilkada 2020, dimana Pemkab Melawi telah 100 persen menyalurkan NPHD anggaran KPU, Bawaslu, dan Keamanan.

Apresiasi tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian kepada Bupati Melawi, Panji, S.Sos pada rapat persiapan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Kalimantan Barat, Minggu (19/7).

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian dalam sambutannya mengapresiasi persiapan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Provinsi Kalimantan Barat karena realisasi pencairan NPHD di Provinsi Kalimantan Barat yang menurutnya sudah baik. “Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat sudah baik dalam realisasi pencairan NPHD, dan 3 (tiga) Kabupaten sudah  benar-benar 100 persen telah menyalurkan anggarannya, tidak hanya bagi penyelenggara Pemilu, KPU dan Bawaslu, melainkan juga untuk keamanan.

Sebagai bentuk apresiasi tersebut, Mendagri Tito Karnavian menghadiahkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri untuk tiga Kabupaten yang telah menyelesaikan pencairkan NPHD untuk Pilkada 2020 tersebut, yaitu Kabupaten Melawi, Kabupaten Sintang, dan Kabupaten Kapuas Hulu. “Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri ini mirip dengan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dimana fungsinya untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan kependudukan dan catatan sipil, seperti mencetak perpanjangan e-KTP dalam waktu 3-5 menit saja’, ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H.,M.Hum dalam laporannya menjelaskan terkait persiapan-persiapan yang sudah dilaksanakan dalam menghadapi Pilkada Serentak Tahun 2020, termasuk situasi dan kondisi terkini penanganan Covid-19 di Kalimantan Barat.

Sementara itu, Bupati Melawi, Panji, S.Sos dalam pernyataannya, menyampaikan terima kasih atas apresiasi dari Kementerian Dalam Negeri dimana penyaluran NPHD yang dilakukan Pemkab Melawi merupakan bentuk komitmen dari Pemkab Melawi untuk mendukung pelaksanaan Pilkada 2020 ini. “Penyaluran NPHD ini sudah seharusnya kita lakukan dan Melawi 100 persen sudah melakukan penyaluran kepada penyelenggara Pemilu, yakni KPU, Bawaslu, dan Keamanan”, tuturnya.

Bupati juga berharap dengan disalurkannya NPHD ini, penyelanggaraan Pilkada Tahun 2020 di Kabupaten Melawi dapat berjalan aman, damai, dan lancar.

  • Selasa, 28 Juli 2020 - 07:24:48 WIB
  • Administrator

Berita Terkait Lainnya