Bupati Melawi dan Forkopimda Tinjau Lokasi Banjir

  • Minggu, 05 September 2021 - 22:23:23 WIB
  • Administrator
Bupati Melawi dan Forkopimda Tinjau Lokasi Banjir

Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa meninjau kondisi banjir di sejumlah desa di Kecamatan Nanga Pinoh dan Kecamatan Pinoh Utara, Jumat (3/9/2021). Turut mendampingi peninjauan tersebut Kapolres Melawi, LO Kodim 1205/Sintang, Kepala BPBD, serta Camat Nanga Pinoh dan Camat Pinoh Utara.

Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa mengatakan peninjauan dilaksanakan guna melihat kondisi langsung di lapangan akibat meningkatnya curah hujan seminggu terakhir. Dari pemantauan di lapangan, sejumlah desa di Kecamatan Nanga Pinoh dan Kecamatan Pinoh Utara telah terendam banjir. Selain di Kecamatan Nanga Pinoh dan Kecamatan Pinoh Utara, laporan banjir juga terjadi di sejumlah wilayah di Kecamatan yang berada di bantaran Sungai Melawi dan Sungai Pinoh.

Kami telah memantau di Desa Tanjung Paoh dan Desa Sukadamai, dan kondisinya sudah terdampak banjir. Peninjauan ini akan dijadikan bahan untuk menyiapkan langkah antisipasi apabila banjir semakin meluas. Sesuai pesan Gubernur, Kapolda, hingga Pangdam kita harus menyiapkan langkah-langkah antisipasinya, termasuk persiapan evakuasi apabila kondisinya darurat”. ungkapnya.

Bupati juga meminta kepada BPBD Kabupaten Melawi untuk segera mendata, menyiapkan laporan untuk disampaikan ke Provinsi agar bisa mendapatkan bantuan dari Gubernur Kalimantan Barat dan Presiden.

Pada kesempatan tersebut juga, Bupati juga mengingatkan warga untuk selalu waspada dengan potensi kenaikan permukaan air, khususnya bagi masyarakat yang bermukim di sepanjang pinggiran sungai. Selain itu, Bupati juga mengingatkan untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Bupati juga meminta para Kepala Desa yang wilayahnya terdampak banjir untuk memonitor warga nya yang membutuhkan bantuan. “Saya sudah menginstruksikan Kepala Dinas PMD dan Kepala Desa untuk memonitor masyarakat yang terdampak banjir dan segera menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan”, ungkapnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Melawi, H. Hasanuddin menyampaikan bahwa sejumlah Kepala Desa telah menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir.

“Para Kepala Desa seperti Desa Nusa Pandau, Desa Sukadamai, Desa Tebing Karangan, Desa Domet Permai, Desa Paal, Desa Kompas Raya telah menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir menggunakan Dana Tanggap Darurat APBDes. Kita akan terus memonitor desa-desa yang lain untuk segera menyalurkan bantuan, dan melaporkan kepada Bupati terkait penyaluran bantuan tersebut.”, ungkapnya.

 

Penulis : Fariz Ghadati, S.I.P

Editor : Felix Triudadin, S.Pd.,MBA.

  • Minggu, 05 September 2021 - 22:23:23 WIB
  • Administrator

Berita Terkait Lainnya